Subscribe:

Saturday, July 16, 2011

Tips Merawat Rambut Secara Optimal

Rambut adalah mahkota bagi kita semua, namun bagaimana ceritanya jika mahkota itu mengalami masalah, sehingga mahkota itu tidak lagi menjadi indah???
Setiap orang di dunia ini pasti ingin memiliki rambut yang indah dan sehat, baik itu pria maupun wanita. Sehingga kunci utama mempunyai rambut indah adalah selalu menjaga kelembapan alami rambut. Merawat rambut memang tidaklah mudah jika anda tidak memahami dan mengenali jenis rambut.
Sebelum melalukan perawatan rambut sebaiknya kenalilah jenis rambut anda sehingga dapat memudahkan merawatnya dengan baik dan benar.
Disini saya mencoba untuk berbagi tentang bagaimana cara merawat rambut, agar rambut kita menjadi mahkota yang indah yang kita miliki.
Berikut adalah masalah serta cara agar rambut kita terawat dengan baik.

  • Rambut Berminyak
Ada beberapa penyebab sehingga rambut bisa menjadi berminyak yaitu karena faktor keturunan, terlalu jarang mencuci rambut dan aktivitas hormon yang tinggi. Gunakanlah shampoo yang ringan dan shampoo khusus untuk rambut berminyak seperti shampoo bayi juga bagus. Cucilah rambut setiap hari, sebaiknya bilas dengan air dingin secara menyeluruh, hindarilah membilas rambut dengan menggunakan air hangat karena dapat membuat kulit kepala semakin berminyak. Perawatan rambut berminyak bisa menggunakan minyak kelapa atau jojoba. Gunakanlah condisioner hanya diujung-ujung ranbut saja, dan hindarilah menggunakan condisioner pada batang rambut yang berada di dekat akar rambut. Para sobat juga bisa menggunakan bahan-bahan tradisional dengan buah lemon, yaitu alurkan jus lemon pada kulit kepala dan rambut untuk mengurangi minyak yang ada pada rambut dan kulit kepala.

  • Rambut Patah dan Rusak
Jika mempunyai rambut yang patah dan rusak maka gunakanlah condisioner yang mengandung banyak pelembab. Hindarilah melakukan pengeritingan atau mewarnai rambut hingga rambut dalam keadaan baik. Saat mencuci rambut sebaiknya gosok rambut dengan lembut pada kulit kepala. Untuk rambut patah dan rusak buatlah condisioner dengan yogurt. Caranya adalah campur yogurt tawar kemasan kecil, satu butir putih telur, dan satu sendok makan madu. Sebaiknya gunakanlah pada rambut yang basah. Lalu diamkan selama sekitar kurang lebih 5 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Gunakanlah 1minggu 2 kali jika menggingginkan hasil yang menabjubkan.

  • Rambut Kering
Jika mempunyai jenis rambut kering dan kusam pasti sangat mengganggu penampilan, selain jenis rambut ini sering kusut dan sulit diatur, bahkan rambut menjadi lemah dan sangat mudah rontok. Rambut yang kering harus diberikan kelembaban yang ekstra. Para sobat bisa membuat condosioner yang mudah, yaitu dengan cara buatlah campuran dua sendok makan mayonaise dan satu buah avokad. Aduklah merata hingga tekstur avokad terasa lembut. Sebaiknya gunakanlah pada rambut yang agak basah sambik memberikan pijitan ringan. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air bersih. Gunakanlah secara rutin untuk mempunyai rambut yang mengkilap dan menawan.

  • Rambut Yang Sulit Diatur
Jika memunyai jenis rambut seperti ini, memang gampang-gampang susah dalam merawatnya. Selain rambut juga cepat kusut dan sulit untuk diatur dan ditata rapi.Sebaiknya para sobat membuat condisioner sendiri yang cukup mudah untuk rambut jenis ini. Caranya yaitu campurlah air perasan satu jeruk lemon, seperempat gelas zaitun dan 2 buah butir telur. Lalu oleskan campuran tersebut pada rambut yang basah serta kulit kepala. Biarkan hingga kering, lalu bilas dengan air bersih. Karena minyak zaitun akan membantu rambut jauh dari kusut dan mudah ditata. Vitamnin dan nutrisi dari telur dan jeruk membuat rambut lebih bersinar dan sehat, serta merangsang pertumbuhan pada rambut. Gunakanlah maksimal 1 minggu 2 kali untuk mendapatkan hasil yang menabjubkan.


Disini, saya memberikan tips tambahan untuk peawatan rambut anda.
Berikut ini adalah PLUS-PLUS nya. haha
  • Tips Agar Rambut Berkilau.
Berikut tips merawat rambut dan menjaga rambut agar selalu hitam berkilau:
  1. Ambil segenggam merang kemudian bakar merang tersebut.
  2. Satu buah jeruk nipis lalu diperas
  3. Aduk jamur merang yang sudah dibakar tersebut, lalu campurkan perasan jeruk nipis serta tambahkan air secukupnya.
  4. Embunkan satu malam ramuan tersebut di alam terbuka.

Setelah diembunkan selama 1 malam, gunakan ramuan tersebut untuk keramas, sebagai penganti shampo. Anda tak usah dan tak perlu menggunakan shampo, karena ramuan tradisional itu sudah cukup untuk membuat rambut menjadi kuat, hitam berkilau dan bebas ketombe. Gunakan ramuan tradisional ini setiap hari untuk mempercepat proses rambut anda agar hitam berkilau, dan untuk perawatannya kita cukup menggunakan 2 kali seminggu. Dengan menggunakan Ramuan Tradisional ini rambut kita hitam berkilau secara alami karena menggunakan bahan alami secara tradisional, memang hasilnya tidak se-instan dengan perawatan di salon/menggunakan bahan kimia, tetapi saya yakin anda bisa menilai, karena dengan menggunakan bahan alami dalam perawatan rambut lebih aman tanpa efek samping karena proses secara alamiah.

Selain tips diatas anda bisa mencoba tips yang lain dengan menggunakan teh. Rendam teh selama 1 malam (biasanya disebut teh basi), basahi setiap pagi dengan air teh basi tersebut. Lakukan dengan teratur setiap hari. Secara bertahap rambut anda akan hitam dan berkilau, selain teh bisa menghitamkan rambut, air teh bisa mencegah dan menahan penumbuhan rambut uban.
  • Tips Agar Rambut Tidak Rontok dan Subur
  1. Kurangi atau hindari pemakaian shampoo dengan busa yang terlalu banyak. Karena shampoo yang memiliki busa banyak mengandung pH 7 sampai 8 yang dapat merusak asam alamiah kulit kepala yang pH-nya sekitar 5,5. Ketidakseimbangan pH dapat mengganggu pertumbuhan rambut yang sehat dan menyebabkan rambut rontok. Cobalah mengganti shampoo dengan formula rendah busa, atau gunakan shampoo bayi karena umumnya tidak mengandung detergen.
  2. Conditioner bermanfaat untuk melawan sifat rambut yang alkalis. Sifat asam dalam conditioner akan menutup kutikula rambut seperti semula. Conditioner juga memberi minyak pada rambut dan membuatnya lebih bercahaya. Walau sebetulnya rambut memproduksi minyak, tetapi pada rambut yang panjang, minyak tidak sampai pada ujung rambut, dan inilah salah satu guna conditioner.
  3. Sering-seringlah memijat kulit kepala. Memijat kulit kepala berfungsi untuk membantu memperlancar peredaran darah. Darah akan menuju pembuluh kapiler untuk mengantarkan makanan bagi akar-akar rambut. Tundukkan kepala ketika men-shampoo sambil memijat kulit kepala. Cara ini dapat membantu otak Anda mendapat asupan oksigen lebih baik yang dapat membantu Anda berkonsentrasi dengan lebih baik lagi.
  4. Minumlah suplemen yang mengandung vitamin B6 dan Zinc, terutama jika Anda memang kurang mendapatkan asupan nutrisi tersebut dari makanan. Vitamin B5 dan B6 mengatur produksi sebum, minyak yang melumaskan folikel rambut sehingga menghasilkan batang rambut yang sehat.
  5. Kurangi mengkonsumsi kopi dan soda, gantilah dengan minum smoothie buah yang kaya akan vitamin B, seperti pisang, stroberi, mangga dan buah kiwi sehingga asupan vitamin B akan bertambah banyak. Selain itu kelebihan kafein dalam tubuh malah akan menghilangkan cadangan vitamin B5 dan B6. Kacang-kacangan dan wholegrain yang kaya akan zinc juga mutlak dikonsumsi untuk mengatasi kerontokan rambut.
  6. Batasi penggunaan zat kimia ataupun perlakuan fisik berlebihan pada rambut. Rambut yang diwarnai, di-rebonding, dicatok, atau diikat maupun dikeringkan dengan menggunakan hair dryer telah menyiksa rambut Anda sehingga rambut menjadi stres dan lebih rapuh.
  7. Hindari stres, karena stres dapat memicu kerontokan rambut. Usahakan tidur cukup agar tubuh Anda mendapatkan cukup istirahat. Hindari rokok dan alcohol. Serta hindari diet terlalu ketat atau diet yang tak seimbang, karena kurangnya asupan protein akan mengurangi pula jatah nutrisi protein untuk pertumbuhan rambut.
Sekian tips dari saya, semoga dapat bermanfaat bagi kita semuanya. terima kasih.




Sumber :
  1. idmoz.org
  2. Artikel Kesehatan
  3. devil1104

No comments:

Post a Comment